Powered by Blogger.

Sekolah gratis

Sudah Beberapa tahun belakangan ini di negara kita berdengung terus di telinga kita akan sekolah gratis, sekolah gratis itulah kata-kata yang di dengung-dengung kan, dengan maksud agar semua anak usia sekolah dapat bersekolah dan mengenyam pendidikan yang baik, tujuan yang sangat mulia dari pemerintah kita, harus kita acungkan jempol untuk pemikiran yang satu ini.

sekolah gratis bagaimana menurut anda dengan adanya sekolah gratis, di tinjau dari berbagai sudut pandang anda ? apa alasan anda berpendapat demikian ?

berilah komentar anda tentang sekolah gratis ini, tempat kan diri anda sebagai siswa, orang tua, dan profesi anda sendiri.

5 komentar:

kwangkxz July 26, 2009 at 11:26 PM  

Menurut saya, yang penting bukan GRATIS nya, tapi bagaimana mereka memanfaatkan fasilitas tersebut. Sebab segala sesuatu yang gratis, biasanya kita kurang peduli daripada yang tidak gratis.

Unknown July 27, 2009 at 12:13 AM  

sekolah gratis nggak efesien bos, cuman 9 taon sementara biaya untuk pendidikan tinggi, semakin melambung, walau gratis tetap punya biaya seperti transport,buku,baju dll, sebaiknya cari solusi bagaimana masyarakat bisa membayar biaya sekolah, yang pasti dengan pertumbuhan ekonomi yang merata dong....

anas hidayat July 27, 2009 at 12:23 AM  

Iklan sekolah gratis adalah akal-akalan dari pemerintah saja untuk mempertahankan eksistensinya. Kenyataan di lapangan menunjukkan hal yang terbalik seperti yang diiklankan.

Dari sedikit informasi yang saya ketahui, beberapa tahun ke depan hampir semua SLTP di Indonesia akan dijadikan RSBI(Rintisan Sekolah Berstandar Internasional). Dan itu berarti sangat sedikit sekali sekolah yang dikhususkan WN yang kurang mampu, meskipun ada saya yakin kualitas sekolah tersebut sangatlah rendah.

Mungkin bagi sebagian besar masyarakat maupun pemerintah menginginkan agar calon generasi bangsa ini bisa Go Internasional yang artinya(menurut pandangan mereka) harus bisa berbahasa Inggris. Lalu apakah sekolah yang berstandar Internasional harus mensyaratkan seperti itu.

Bagi kita itu adalah pemahaman yang salah kaprah. Mengapa kita harus mengagungkan bahasa asing? Di negara maju seperti Jepang, mereka menggunakan bahasa lokal sebagai pengantar. Tapi kualitas siswa mereka adalah internasional. Jadi mengacu pada hal tersebut, sebaiknya pemerintah harus mengkonsep ulang pemikiran tentang RSBI tersebut. Jangan mendewakan bahasa atau budaya asing, banggakanlah bahasa kita sendiri dan juga budaya lokal tanpa harus mengurangi kualitas pengajaran terhadap siswa terutama dalam pengembangan IPTEK.

Kembali ke masalah sekolah gratis, dari pemikiran dan pengamatan saya, program ini akan banyak "membunuh" generasi muda yang kurang mampu tapi cerdas karena tidak bisa melanjutkan studinya. Meski mereka bisa mengenyam pendidikan gratis hingga SLTP tapi untuk melanjutkan ke jenjang lebih tinggi akan kesulitan. Mengapa? Karena biaya untuk ke SLTA apalagi perguruan tinggi(apalagi dengan adanya undang-undang busuk BHP) sangatlah tinggi.

Sebagai akhir dari komentar ini saya cuma bisa menyarankan hapus program sekolah gratis dan ganti dengan sekolah murah. Lalu hapus Undang-undang BHP, alokasikan lagi dana pendidikan untuk perguruan tinggi.

AD1N July 27, 2009 at 12:43 AM  

Good posting sob... i agree with you statements...:)

andro_simar August 3, 2009 at 2:20 AM  

Wah,, kalo ntar udah sekolah gratis,, menurut saya mutu sekolah akan berkurang,, karena kurangnya fasilitas yg diberikan pemerintah,, Lebih baik ni kalo pemerintah membantu menyediakan fasilitas.. hehe,,, :D

About This Blog

Pesan Terakhir

Lorem Ipsum

Sample Text

  © Blogger templates Newspaper III by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP