Powered by Blogger.

PENYESUAIAN DIRI BAGI REMAJA

penyesuaian diri pada diri remaja atau anak baru gede sngatlah penting dimana penyesuain diri pada masa ini dapat menentukan sikap dan psikologi remaja pada masa yang akan datang, dimana jika remaja sulit atau tidak bisa menyesuaikan diri pada lingkungan dimana dia berada akan berdampak buruk pada perkembangan diri anak itu sendiri, baik pada masa penyesuaian atau pun pada masa yang akan datang.
adapaun penyesuaian diri pada remaja atau anak baru gede dapat didefenisikan seperti berikut:
1. Adaptasi, dapat mempertahankan eksistensinya, atau bisa “survive” dan memperoleh kesejahteraan jasmaniah serta rohaniah, dan juga dapat mengadakan relasi yang memuaskan dengan tuntunan sosial.
2. Komunitas, yang berarti menyesuaikan sesuatu dengan standar atau secara prinsip.
3. Penguasaan, yaitu memiliki kemampuan untuk membuat perencanaan dan mengorganisasikan respon-respon sedemikian rupa sehingga bisa menguasai segala hal konflik dan kesulitan yang dialami oleh remaja dalam penyesuain dirinya
4. Penguasaaan dan kematangan emosional. Kematangan emosional dimaksud disini adalah secara positif memiliki respon emosional yang tepat pada setiap situasi dan kondisi yang dihadapi oleh remaja.

Proses penyesuaian diri bagi remaja
Penyesuaian diri merupakan proses bagaimana remaja mencapai keseimbangan diri dalam memenuhi kebugaran, sesuai dengan lingkungan diaman dia berada. Seperti kita ketahui bahwa bahwa penyesuaian diri yang sempurna terjadi jika manusia/individu selalau dalam keadaan seimbang antara dirinya dengan lingkungan sekitarnya. Dimana tidak ada lagi kebutuhan yang tidak dapat terpenuhi.dan dimana semua fungsi organisme/individu berjalan secara normal. Penyesuaiann diri bersifat suatu proses sepanjang hidup/hayat (lifelong process), dan manusia secara terus menerus berupaya dapat menentukan dan mengatasi tekanan tantangan hidupnya guna mencapai pribadi yang sehat.
Individu dikatakan berhasil dalam melakukan penyesuaian diri jika dia bisa memenuhi kebutuhan hidupnya dengan cara-cara yang wajar atau apabila dapat diterima oleh lingkungan tanpa merugikan atau mengganggu individu lain lingkungan sekitarnya.

Karakterstik penyesuaian diri.
Dalam hubungannya dengan problem yang dihadapi individu penyesuaian diri ada individu-individu yang dapat melakukan penyesuaian diri secara positif, dan ada pula yang negatif, hal ini tergantung dari beberapa faktor dari individu itu sendiri, seperti lingkungan keluarga, lingkungan tempat tinggal, pendidikan, sosial ekonomi dan lain sebagainya yang berhubungan dendan diri remaja itu sendiri.

0 komentar:

About This Blog

Pesan Terakhir

Lorem Ipsum

Sample Text

  © Blogger templates Newspaper III by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP